Manfaat telur ayam

Dalam kitab At-Thibb An-Nabawi karangan Ibnu Qayim Al-Jauziyah dikutip sebuah atsar yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman yang menyebutkan, “Bahwasannya salah seorang nabi pernah mengadu kepada Allah swt. bahwa tubuhnya merasa lemah. Maka Allah memerintahkan memakan telur.”
            Khasiat dan kegunaan telur sudah tidak diragukan lagi. Tapi, tidak semua telur memiliki kandungan manfaat yang baik. Telur yang masih baru lebih baik daripada yang sudah lama. Sementara, di antara seluruh jenis unggas, telur ayam adalah yang terbaik. Sifatnya stabil, dan cenderung kepada unsur dingin.

            Kuning telur bersifat panas dan lembab, bisa menambah darah secara sehat dan sempurna dan memberikan suntikan gizi ringan. Juga telur ayam sangat mudah larut dalam lambung. Sementara itu, putih telur bila diteteskan ke mata yang mengalami bengkak karena peradangan, bisa langsung mendinginkan radangnya dan menghilangkan rasa sakitnya. Bila dilumurkan ke wajah, bisa melindungi dari sinar matahari. Bila dicampur dengan serbuk kayu cendana lalu dioleskan ke kening, bisa mencegah pengeriputan.

Comments

Popular Posts